5 Cara Mudah Menghindari Bayi Menggigit Puting Susu

Cara Jitu agar Si Bayi Tidak Mengigit saat Disusui

ASI eksklusif perlu diberikan hingga bayi berusia 6 bulan agar mendapatkan asupan nutrisi yang terbaik untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi. Sebisa mungkin untuk memberikan ASI secara langsung dari puting sebagai salah satu cara untuk membangun ikatan ibu dan bayi. Ketika menyusui bayi sering menggigit puting susu.  Ini cara mudah untuk menghindarinya.

  1. Posisikan Bayi Lebih Dekat

Cara pertama yang bisa dilakukan dengan memposisikan bayi lebih dekat dengan Anda. Kondisi puting yang terlalu jauh dari bayi membuatnya menggigitnya. Ketika diposisikan dekat hidung bayi akan bersentuhan dengan payudara sehingga bayi akan menggunakan mulutnya untuk membantu pernapasan.

Ketika bayi menggigit dan Anda langsung mendekatkannya maka bayi akan menangkap bahwa gigitan itu tidak boleh dilakukan. Hal ini akan membuat bayi berhenti menggigit pada waktu berikutnya. Pastikan bayi didekatkan dengan perlahan tidak terlalu keras yang akan membuat bayi menangis.

  1. Ketahui Kapasitas Bayi

Bayi akan menggigit ketika telah merasa kenyang dan akhirnya bermain-main dengan puting. Anda bisa mengetahui hal ini dengan melihat kecepatan bayi dalam menyedot ASI. Ketika bayi sudah mulai melambat dan perlahan hingga berhenti mengisap maka segera lepaskan puting susu darinya. Ini juga menjadi cara untuk mencegah bayi mengalami muntah.

  1. Posisi Kepala Bayi

Berikan ASI pada bayi dengan memperhatikan respon bayi ketika payudara dibuka. Posisikan bayi mendekat, lalu tunggu hingga mulutnya terbuka lebar, ketika ini arahkan puting ke bagian atas mulutnya. Posisi ini membuat dagu bayi menyentuh payudara dan hidungnya tidak terhalang. Posisi kepalanya akan sedikit miring ke belakang sehingga bayi tidak akan menggigit puting.

  1. Stimulasi ASI

Bayi akan menggigit ketika diberikan ASI karena aliran ASI ke mulutnya yang lambat. Hal ini tentu bisa diatasi dengan melakukan stimulasi pada bagian payudara untuk membuat ASI mengalir dengan cepat. Bayi akan menghisap dengan lancar tanpa tersendat sehingga tidak ada waktu untuknya menggigit puting.

  1. Posisi Ibu

Tips parenting selanjutnya untuk menghindari bayi menggigit puting susu dengan mengatur posisi Anda secara tepat. Duduklah dengan posisi yang rileks dan nyaman, lalu posisikan kaki  sedikit atau letakkan pada penopang seperti bantal agar posisi lebih baik.

Bisa juga dengan menggunakan bantal di bagian punggung atau menggunakan bantal untuk menjadi alas bayi. Posisikan wajahnya menghadap perut sehingga memudahkan untuk memposisikan kepala bayi.  Posisi yang nyaman akan membuat bayi merasa rileks saat diberikan ASI.

Pastikan Anda memberikan ASI secara cukup pada bayi. Jika produksi ASI yang berlebihan bisa diatasi dengan menggunakan pompa ASI yang berkualitas. Pembelian pompa dapat dibeli secara online di toko perlengkapan bayi seperti orami.co.id. Ada banyak tips parenting yang perlu dibaca untuk mendapatkan pengetahuan tentang bayi dan segala kebutuhan ibu yang menyusui.